SEKILAS INFO
24-07-2024
  • 7 bulan yang lalu / Training Sabtu dan Meeting Libur Terakhir pada tanggal 11 desember 2023
  • 1 tahun yang lalu / Utk mendownload Form-form terbaru bisa langsung download di menu -> Download syariah dan konven
  • 3 tahun yang lalu / Perhatian Untuk Link Submission ada di menu Lainnya kemudian ada sub menu link submission Actioninc
11
Jul 2017
Pengertian Asuransi Jiwa Syariah

Perbedaan utama antara Asuransi Jiwa Syariah dengan Asuransi Jiwa Konvesional terletak pada konsep dasar dan cara pengelolaan dana yang sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah. Asuransi Jiwa Syariah adalah Asuransi yang didasari prinsip saling tolong menolong dan melindungi diantara para peserta melalui kontribusi ke Dana Tabarru, yaitu kumpulan dana kebajikan dari uang kontribusi para peserta Asuransi Jiwa Syariah yang setuju untuk saling bantu bila terjadi risiko di antara mereka. Dana ini kemudian dikelola sesuai prinsip Syariah dan di bawah pengawasan Dewan Syariah untuk menghadapi risiko tertentu.

Bila terjadi risiko terhadap peserta, santunan asuransi akan dibayarkan dari Dana Tabarru. Konsep ini juga dikenal sebagai risk sharing. Sementara, dalam Asuransi Jiwa Konvesional, Nasabah membayarkan sejumlah premi atas proteksi yang dibelinya ke perusahaan asuransi. Bila terjadi risiko atas Nasabah, perusahaan asuransi jiwa akan memberikan sejumlah santunan asuransi. Konsep ini juga dikenal sebagai risk transferring.

Ada beberapa perbedaan mendasar antara Asuransi Jiwa Syariah dan Asuransi Jiwa Konvesional dari segi kontrak, kepemilikan dana, surplus underwriting, pengelolaan investasi dan pengawasan asuransi. Dalam Asuransi Jiwa Syariah, ada beberapa jenis transaksi yang harus dihindari yaitu gharar atau ketidakpastian, riba atau tambahan dan maysir atau judi. Jadi, dana Nasabah pada Asuransi Jiwa Syariah khususnya unit link, tidak akan diinvestasikan pada hal-hal yang bertentangan dengan syariat Islam, contohnya produk keuangan dan perbankan dengan konsep riba, rokok, dan minuman keras.

 

sumber : https://www.prudential.co.id/id/our-products/syariah/

Sedekah
30 Nov 2023

Sedekah

Orang Kaya
29 Nov 2023

Orang Kaya

Pengumuman

TOP 20 AGENT TYD DES 2023

TOP 20 LEADER TYD DES 2023

Congratulation Mr.Suhaimi Karim (Jimmy Lin) for Winner Quarterly Business Challenge Q3 2023 Region Jakarta